PROGRAM PLAYGROUP & TK

Sekolah Islam ( Muslim ) di Bali
Taqwa - Cerdas - Terampil - Santun

SELAMAT DATANG DI PG-TK HARAPAN MULIA

Berdasarkan kebutuhan masyarakat yang menginginkan adanya sekolah bernuansa Islami dengan sarana dan prasarana berkualitas baik, yang kemudian hari akan mampu bersaing dengan sekolah lain yang bertaraf internasional, maka sebagai pengelola sekolah "Play Group dan Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia" mempunyai harapan yang tinggi dalam perkembangan dunia pendidikan. Kami tidak hanya mengutamakan pendidikan ilmu pengetahuan dan ilmu tekhnologi, dan mengangkat dari segi Islami saja. Akan tetapi kami ingin dari kedua aspek tersebut sebagai dasar pendidikan.

KURIKULUM PG & TK

 

KURIKULUM DIKNAS TAHUN 2013

a. Permendikbbud no. 146 tahun 2014

b. Permendikbud no. 137 tahun 2014

 

 

1. Cakupan setiap kelompok Program pembelajaran TK
- Agama dan Akhlak Mulia
- Sosial dan Kepribadian
- Pengetahuan dan Teknologi
- Estetika
- Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

2. Struktur Program pembelajaran
2. 1. Pembentukan Perilaku
- Nilai-nilai Agama dan Moral
- Sosial Emosional
2. 2. Kemampuan Dasar
- Bahasa
- Kognitif
- Fisik

 

3. Tingkat Pencapaian perkembangan
3.1. Nilai-nilai Agama dan Moral
3.2. Fisik (Motorik Kasar, Motorik halus, dan kesehatan fisik)
3.3. Kognitif.
- Pengetahuan umum dan sains
- Konsep bentuk , warna,ukuran dan pola
- Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf

 

4. Bahasa
- Menerima Bahasa
- Mangungkapkan bahasa

 

5. Sosial Emosional

 

PENDEKATAN SAINTIFIK

Pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar melalui : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan.

 

KURIKULUM DEPAG
- Pendidikan Aqidah/Keimanan
- Pendidikan Ibadah
- Al Qur'an
- Surat – Surat Pendek
- Kalimat Toyyibah
- Hafalan Hadist

 

KURIKULUM YANG DIKEMBANGKAN OLEH SEKOLAH HARAPAN MULIA
Kurikulum ini berkesinambungan dari PG sampai SMA Harapan Mulia, diantaranya adalah
- Al Islam
- Bahasa Inggris
- Komputer

 

Kurikulum Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia dikembangkan dan diadaptasi berdasarkan kurikulum Departemen Agama yang kurikulum TK yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional serta kurikulum muatan local yang dikembangkan sendiri oleh perguruan "Harapan Mulia". Metode yang digunakan dalam mengantarkan materi kegiatan diatas adalah metode "Happy Learning". Dengan metode ini diharapkan para guru berusaha menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan dapat memberi tantangan serta motivasi pada anak didik untuk aktif , mempunyai rasa ingin tahu dan kreatif. Adapun kurikulum yang diberikan di Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia adalah sebagai berikut :

 

1. Agama
Kegiatan belajar agama dilaksanakan dengan metode bermain, bercerita, demonstrasi, dan dramatisasi (bermain peran). Praktek langsung dilaksanakan dengan menitik beratkan pada penanaman budi pekerti (akhlaqul kharimah), hafalan surat pendek , hafalan do'a sehari hari dan artinya. Serta pengenalan huruf hijaiyah dengan metode Qiro'ati, kegiatan wudhu, dan shalat berjama'ah dengan media audio visual yang ada di setiap kelas. Kami juga mengajarkan pada anak-anak untuk gemar bersedekah melalui, kebiasaan berinfaq sebesar Rp. 500,- hingga Rp. 1.000,- dan bershodaqoh, juga melakukan zakat pada saat-saat tertentu. Selain itu juga adanya kegiatan keagamaan, dimana anak-anak dapat meneladani sifat-sifat nabi dan mengerti akan makna hari besar keagamaan.

 

2. Pembiasaan
Pembiasaan ini merupakan suatu kegiatan yang akan terbiasa dilakukan anak-anak setiap hari dalam kehidupan nyata. Berharap anak terbiasa melakukan hal-hal seperti berdo'a sebelum melakukan segala sesuatu, melakukan ibadah, terbiasa mengikuti aturan dan dapat hidup bersih, mulai belajar membedakan benar dan salah, menyapa dan memberi salam bila bertemu orang dan terbiasa berprilaku terpuji.

 

3. Bahasa
Ketika seorang anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, mereka di tuntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Salah satu cara berkomunikasi adalah melalui bahasa verbal. Pembelajaran siswa di Taman Kanak-Kanak adalah mengarahkan siswa agar memiliki kemampuan mendengar yang baik sehingga mereka mampu memahami instruksi yang diberikan, berani mengungkapkan pendapat dan mengekspresikan perasaan melalui kata-kata. Pengembangan kemampuan berbahasa diberikan melalui aktivitas harian seperti, mendengarkan, berbicara, bermain, bernyanyi, dan bercerita.

 

4. Kognitif (Pengenalan konsepmatematika dan angka)
Pengenalan konsep matematika dan angka berguna untuk menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) serta berpikir logis dan sistematis. Dengan penyajian yang menarik berdasarkan konsep bermain sambil belajar, melalui audio visual, komputer, dan dramatic play.

 

5. Fisik Motorik (Keterampilan dan Kreatifitas)
Ketrampilan dan kreatifitas merupakan salah satu kegiatan yang menarik bagi anak. Selain mengasah motorik halus anak dan melatih koordinasi mata dan tangannya, kegiatan keterampilan juga merangsang anak untuk lebih kreatif. Disamping itu kegiatan ini juga memupuk kesabaran, estetika atau keindahan, juga meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi serta keberanian untuk mencoba hal-hal baru.

 

6. Seni
Setiap makhluk hidup pasti akan bersinggungan dengan seni. Karena seni sangat luas makna dan cakupannya. Dengan kegiatan ini anak mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dengan menggunakan berbagai media / bahan menjadi suatu karya seni, seperti dapat menggambar dan mewarnai sederhana, mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana dan mempau menyanyi dan memainkan alat musik.

 

Selain kurikulum diatas Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia juga mengembangkan kurikulum lokal sebagai berikut :

 

A. Bahasa Inggris
Bahasa Inggris diberikan agar anak-anak mengenal salah satu bahasa asing dan disampaikan melalui metode yang bervariasi melalui mendengar, melafalkan, bernyanyi, bermain dan bercerita sehingga anak-anak merasa senang. Kami juga berusaha menggunakan bahasa Inggris praktis dan sederhana dalam berinteraksi dengan anak-anak, diharapkan dari instruksi-instruksi sederhana dalam bahasa Inggris ini anak-anak akan terbiasa dan tidak asing dalam menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang kami terapkan adalah metode Metode Fun Kids English.

 

B. Membaca dan Menulis
Kegiatan membaca dan menulis diperkenalkan kepada anak sejak dini dengan tujuan untuk membimbing anak agar bisa membaca dan menulis serta membiasakan anak supaya gemar membaca.

 

C. Olah Raga
Kegiatan ini dilakukan setiap hari sebagai kegiatan pendahuluan dan pada hari tertentu dilaksanakan senam pagi bersama. Kegiatan oleh raga yang sesuai guna membantu anak-anak mengembangkan motorik kasar, meningkatkan fungsi tubuh, koordinasi gerak mata,tangan, dan kaki serta meningkatkan kemampuan anak dalam beraktifitas.

 

D. Komputer
Sebagai sarana belajar dalam bentuk lain, dimana anak-anak sejak dini telah diperkenalkan dan diajarkan cara-cara mengoperasikan computer dari cara-cara yang paling sederhana. Siswa Taman Kanak-Kanak sedikitnya dapat berlatih computer 2 x dalam seminggu.

 

E. Ekstrakurikuler
Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak-anak sejak dini. Bagi siswa Play Group kami memberikan 3 pilihan ekstra kurikuler sebagai beikut ; menari, melukis dan musik.

 

F. Perpustakaan
Kami menyediakan perpustakaan yang berguna bagi anak-anak juga orang tua untuk mengembangkan wawasannya dan pengetahuannya melalaui koleksi buku-buku yang disediakan sekolah.

 

G. Usaha Kesehatan Sekolah (Uks)
Anak-anak akan mendapatkan pemerikasaan rutin setiap bulannya dan pertolongan pertama pada kecelakaan apabila ada kecelakaan atau kondisi darurat yang memerlukan penanganan ahli medis. Sekolah Hrapan Mulia mempunyai ahli medis yang bertugas setiap harinya.

 

H. News Letter / Bulletin
Merupakan program bulanan yang menginformasikan perkembangan anak yang berprestasi di Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia, serta informasi yang berkaitan dengan dunia anak-anak.

thumb alislam

 

PROGRAM AL ISLAM

 

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb english

 

PROGRAM BAHASA INGGRIS

 

Membekali siswa dengan Bahasa Inggris sehingga selalu siap dan mampu dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat di era globalisasi.

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb computer

 

PROGRAM KOMPUTER

 

Pendidikan Komputer juga merupakan prioritas utama di Sekolah Harapan Mulia. Pendidikan komputer diarahkan agar peserta didik tidak menjadi “Gaptek”.

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb extrakulikuler

 

PROGRAM EXTRA KULIKULER

 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak-anak sejak dini. Bagi siswa PG-TK kami memberikan 3 pilihan ekstra kurikuler : menari, melukis dan musik.

 

BACA SELENGKAPNYA

TEMUKAN KAMI

Jl. Pura Demak No. 19 Denpasar

( Teuku Umar Barat / Malrboro )

Telepon : +62 361 481901  /  +62 851 02380862

Email PG & TK : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Yayasan : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : www.harapanmulia.sch.id

 

icon facebook icon twitter icon googleplus icon youtube